PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII MTs ALKHAIRAAT PUSAT PALU

Main Authors: Ude, Apsah, Sukayasa, Wayan, Karniman, Tegoeh S
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: AKSIOMA : Jurnal Pendidikan Matematika , 2017
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/AKSIOMA/article/view/8622
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/AKSIOMA/article/view/8622/6842
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran Van Hiele yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII MTs Alkhairaat Pusat Palu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi dan 4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Alkhairaat Pusat Palu yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui lembar observasi, wawancara, catatan lapangan dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Van Hiele dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok, dengan mengikuti fase-fase sebagai berikut: 1) informasi, 2) orientasi terarah, 3) penegasan, 4) orientasi bebas, dan 5) integrasi. Kata Kunci: Model pembelajaran Van Hiele, hasil belajar, kubus, balok.