PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS LINGKARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 13 PALU

Main Authors: Musaddad, Ali, Ismaimuza, Dasa, Sudarman, Sudarman
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: AKSIOMA : Jurnal Pendidikan Matematika , 2017
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/AKSIOMA/article/view/8621
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/AKSIOMA/article/view/8621/6841
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Quantum Teaching yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 13 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Palu yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui lembar observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 13 Palu yaitu dengan fase-fase: 1) tumbuhkan, 2) alami, 3) namai, 4) demonstrasi, 5) ulangi, dan 6) rayakan. Kata kunci: Quantum teaching, hasil belajar, keliling dan luas lingkaran.