PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKALIAN BENTUK ALJABAR DI SMP ALKHAIRAAT 1 PALU

Main Author: Fatmawati, Fatmawati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: AKSIOMA : Jurnal Pendidikan Matematika , 2017
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/AKSIOMA/article/view/7984
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/AKSIOMA/article/view/7984/6318
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pem­belajaran langsung yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada perkalian bentuk aljabar. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini mengacuh pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran langsung yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkalian bentuk aljabar adalah, dengan mengikuti fase-fase model pembelajaran langsung, yakni: (1) guru menyampai­kan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa, (2) guru membahas kembali materi prasyarat dan menyajikan materi kepada seluruh siswa mengenai materi melalui media papan tulis dengan menggunakan metode demonstrasi, (3) guru membimbing pelatihan dengan membentuk kelompok belajar dan mem­bagikan LKS, (4) guru mengecek pemahaman siswa dengan meminta siswa untuk mem­presentasikan hasil pekerjaan kelompok mereka didepan kelas, dan (5) guru memberikan soal latihan kepada siswa yang dikerjakan secara individu tanpa dibimbing oleh guru.Kata kunci: Pembelajaran Langsung; Hasil Belajar; Perkalian Bentuk Aljabar