PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 2 MARAWOLA

Main Authors: Maryam, Maryam, Paloloang, Baharuddin
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: AKSIOMA : Jurnal Pendidikan Matematika , 2017
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/AKSIOMA/article/view/7741
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/AKSIOMA/article/view/7741/6097
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan pendekatan Realitic Mathematic Education (RME) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar di kelas VII SMP Negeri 2 Marawola. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan mengacu pada desain penelitian Kemmis dan McTaggart, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui tahap-tahap RME: (1) memahami masalah kontekstual, (2) menyelesaikan masalah kontekstual, (3) membandingkan, (4) mendiskusikan jawaban serta menyimpulkan.Kata Kunci:Realistic Mathematic Education(RME), hasil belajar, penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar.