PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VII MTs ALKHAIRAAT TONDO MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI IRISAN DAN GABUNGAN HIMPUNAN

Main Authors: Norma, Norma, Idris, Mustamin
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: AKSIOMA : Jurnal Pendidikan Matematika , 2017
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/AKSIOMA/article/view/7740
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/AKSIOMA/article/view/7740/6096
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh deskripsi penggunaan metode penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VII MTs Alkhairaat Tondo pada materi irisan dan gabungan himpunan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitiĀ­an tindakan kelas (PTK) dengan desain penelitian yang mengacu pada Kemmis dan Mc.,Taggart yakni perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, catatan lapangan, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi irisan dan gabungan himpunan mengikuti langkah-langkah yaitu (1) membina suasana yang,responsif di antara siswa, (2) mengemukakan permasalahan untuk ditemukan pemecahannya, (3) mengajukan pertanyaan kepada siswa, (4) merumuskan hipotesis, (5) menguji hipotesis, dan (6) perumusan keputusanKata Kunci: penemuan terbimbing; pemahaman; irisan dan gabungan himpunan.