PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMFAKTORAN BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII SMPN 20 PALU

Main Authors: Listyawati, Ni Putu Ratny, Tandiayuk, Marinus B, Awuy, Evie
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: AKSIOMA : Jurnal Pendidikan Matematika , 2017
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/AKSIOMA/article/view/7738
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/AKSIOMA/article/view/7738/6094
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pemfaktoran bentuk aljabar di kelas VIII SMPN 20 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada desain Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Palu yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, tes tertulis, wawancara dan catatan lapangan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dan masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pemfaktoran bentuk aljabar di kelas VIII SMPN 20 Palu dengan mengikuti fase-fase, yaitu: (1) pemberian orientasi, (2) think, (3) pair, (4) share, dan (5) penghargaan.Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, hasil belajar siswa, pemfaktoran bentuk aljabar.