PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP KRISTEN BALA KESELAMATAN PALU PADA MATERI IRISAN DAN GABUNGAN HIMPUNAN

Main Authors: Banneringgi, Nersy, Anggraini, Anggraini, Bakri, Bakri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: AKSIOMA : Jurnal Pendidikan Matematika , 2018
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/AKSIOMA/article/view/11170
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/AKSIOMA/article/view/11170/8632
Daftar Isi:
  • ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A SMP Kristen Bala Keselamatan Palu pada materi irisan dan gabungan himpunan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Desain penelitian mengacu pada Kemmis dan Mc. Taggart: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Kristen Bala Keselamatan Palu yaitu 29 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A SMP Kristen Bala Keselamatan Palu mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: 1) Penyampaian tujuan pembelajaran, 2) menyajikan informasi, 3) penomoran, 4) pengajuan pertanyaan, 5) berpikir bersama, 6) pemberian jawaban/evaluasi dan 7) pemberian penghargaan, guru memberikan penghargaan kepada kelompok dalam bentuk tepuk tangan dan pujian.Kata Kunci: Model Pembelajaran, Kooperatif , NHT, Hasil Belajar, Irisan dan Gabungan Himpunan