MEMPERKUAT PERAN PUSTAKAWAN DALAM MEWUJUDKAN LAYANAN PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI YANG PRIMA DAN UNGGUL
Main Author: | Hermanto, Bambang |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Sebelas Maret University Library
, 2017
|
Online Access: |
http://journal.library.uns.ac.id/index.php/jpi/article/view/22 http://journal.library.uns.ac.id/index.php/jpi/article/view/22/6 |
Daftar Isi:
- Berdirinya perpustakaan perguruan tinggi bertujuan untuk mendukung tercapainya visi misi perguruan tinggi dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Peran perpustakaan dalam hal ini meliputi memenuhi kebutuhan informasi bagi sivitas akademika, menyediakan bahan pustaka, menyediakan ruangan belajar, menyediakan jasa peminjaman dan menyediakan jasa informasi. Perpustakaan merupakan jantungnya perguruan tinggi. Perpustakaan sebagai sumber informasi harus dikelola dengan baik dan profesional. Untuk mewujudkan layanan yang prima dan unggul, maka layanan perpustakaan perguruan tinggi harus beroreintasi pada kepuasan dan fokus kepada pelanggan. Untuk penguatan peran pustakawan, maka kemampuan dan pengetahuan pustakawan mengenai dasar-dasar layanan harus ditingkatkan melalui pendidikan, pelatihan, lokakarya, workshop, dan seminar, dalam rangka tercapainya layanan perpustakaan yang prima dan unggul. Ada pun startegi pustakawan dalam memperkuat perannya dalam mewujudkan layanan perpustakaan perguruan tinggi yang unggul dan prima dengan memperhatikan beberapa hal, antara lain: (1) peningkatan kompetensi kepustakawanan, (2) menjaga penampilan, (3) percaya diri, penuh senyum, bersikapramah, dan bersahabat, (4) mendengarkan setiap pembicaraan dan menerima keluhan dengan baik, (5) berbicara dengan bahasa yang benar dan jelas, (6) antusias dalam memberikan layanan dan tunjukan kemampuan, (7) apabila tidak bisa mengatasi permasalahan yang ada, dapat bekerja sama dengan pustakawan lain. Kata kunci: peran pustakawan, perpustakaan perguruan tinggi, layanan prima dan unggul