PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Main Author: | Zulfah, Zulfah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
, 2018
|
Online Access: |
http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/JPT/article/view/740 http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/JPT/article/view/740/420 |
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran yang dilaksanakan harus ditunjang dengan sumber belajar yang memadai. Sebagai seorang guru yang merupakan fasilitator dan mediator, guru perlu mengembangkan bahan ajar yang dapat membuat siswa memahami materi pelajaran dengan lebih mudah serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk dilibatkan secara aktif dalam menemukan konsep serta menuntut siswa terbiasa berpikir sistematis dalam menyelesaikan masalah matematika. Siswa di beberapa sekolah menggunakan buku paket sebagai sumber belajaranya, dan ada juga sekolah yang hanya mewajibkan siswanya untuk memiliki LKS yang dibeli dari penerbit-penerbit yang ada. Namun, cara penyajian materi yang terdapat di dalam LKS belum membuat siswa memahami materi dengan baik. Guru juga belum ada membuat LKS sebagai sarana pendukung pembelajaran di kelas agar pembelajaran menjadi lebih bermakna. Berdasarkan permasalahan tersebut, ditawarkan salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut yaitu menggunakan bahan ajar matematika berbasis PBI berupa LKS. Bahan ajar yang dirancang perlu divalidasi oleh pakar. Setelah itu baru diujicobakan untuk melihat kepraktisan dan keefektifan dari perangkat pembelajaran tersebut. Dengan harapan diperoleh bahan ajar matematika yang valid, praktis, dan efektif sehingga dapat meningkatkan akivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.