ANALISIS DAERAH BLACK SPOT DAN TINGKAT KEFATALAN KECELAKAAN LALU LINTAS BERDASARKAN KONDISI GEOMETRIK TIKUNGAN JALAN ( Studi Kasus pada Titik Rawan Kecelakaan di Jalan Lintas Timur Provinsi Aceh Km 247-284)
Main Author: | ADE FAJRI RAMADANI/1422302025 |
---|---|
Format: | Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Prodi Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan Politeknik Negeri Lhokseumawe
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://library.pnl.ac.id/library/index.php?p=show_detail&id=24553 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKecelakaan lalu lintas merupakan suatu masalah lalu lintas yang mempunyadampak kerugian yang cenderung besar. Sebanyak 202 kecelakaan lalu lintasterjadi pada daerah black spot Jalan Lintas Timur Provinsi Aceh Km 247 – Km285 di tahun 2015-2017, kesalahan perencanaan geometrik tikungan jalanmerupakan salah satu faktor penyebab kecelakaan, maka kita perlu mengetahuipenyebab terjadinya suatu kecelakaan lalu lintas serta penanggulangannya,metode yang digunakan untuk mengidentifikasi lokasi rawan kecelakaan yaitumetode Equivalent Accident Number dan Uper Control Limit. Diperoleh daerahrawan kecelakan terparah yang melewati batas kontrol angka kecelakaan lalulintas adalah Jln. Lintas Timur Provinsi Aceh, Desa Tambon Baroh Kec.Dewantara, Kab. Aceh Utara Km. 256, dengan nilai EAN = 411 dan UCL = 249,dan Jln. Lintas Timur Provinsi Aceh, Desa Panggoi, Kec. Muara Dua,Lhokseumawe, Km 272, dengan nilai EAN = 372, dan UCL = 245. Menurutperbandingan hasil pengamatan dan perhitungan pada ke empat tikungan jalan,didapat beberapa parameter yang tidak sesuai dengan standar teknis, yaitu jari-jarirencana rata-rata dibawah standar teknis (