Pengembangan Model Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Ranah Kognitif
Main Author: | Pibriana, Desi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) STMIK Global Informatika MDP
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jatisi/article/view/43 http://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jatisi/article/view/43/21 |
Daftar Isi:
- The development of internet that increasing rapidly today, has encouraged almost all levels of education to provide internet facilities for the students especially in universities. Internet facilities should be used by the students in order to enrich their knowledge, learning process and helping them in doing paper, therefore it could help students to have a good academic achievement on campus. Several previous studies claimed that internet usage factor that associated by students’ academic achievement directly and others claimed that Academic SelfEfficacy can be a mediator between internet usage factor and students’ academic achievement. Therefore, using the method of literature study, this study was developed to generate a new model which includes about the factor that affect internet usage such as the ability to use, internet using motive, purpose dan function, information retrieval and time usage of internet which in further associated by the Academic Self- Efficacy and students’ academic achievemnet on cognitive factor either directly or indirectly. Academic Self- Efficacy factor are expected to strengthen the correlation between internet usage factor and students’ academic performance on cognitive domain, in this case can be measured by Cumulative Performance Index (CPI). Based on the results of the study, can be developed a new research that focuses either on the calculation of how much the internet usage can influence the student academic achievement on cognitive domain or more on other domain such as affective and psychomotor.
- Perkembangan internet yang semakin pesat saat ini mendorong hampir semua jenjang pendidikan menyediakan fasilitas internet bagi siswanya, terlebih bagi perguruan tinggi. Fasilitas internet seharusnya dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk memperkaya pengetahuan, membantu pembelajaran serta pengerjaan tugas kuliah sehingga dapat membantu prestasi akademik mahasiswa di kampus. Beberapa penelitian sebelumnya mengemukakan bahwa faktor penggunaan internet yang dihubungkan secara langsung dengan prestasi akademik mahasiswa dan penelitian lain menyatakan bahwa Academic Self-efficacy dapat menjadi penengah antara faktor penggunaan internet terhadap prestasi akademik mahasiswa. Oleh karena itu, dengan menggunakan metode studi literatur penelitian ini dikembangkan sehingga menghasilkan sebuah model baru yang memuat tentang faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan internet seperti kemampuan menggunakan, motif, tujuan dan fungsi penggunaan, pencarian informasi serta waktu penggunaan internet yang kemudian dikaitkan dengan faktor Academic Self-efficacy dan prestasi belajar mahasiswa ranah kognitif baik secara langsung maupun tidak langsung. Faktor Academic Self- efficacy diharapkan dapat memperkuat hubungan antara faktor-faktor penggunaan internet dengan prestasi akademik mahasiswa ranah kognitif yang dalam hal ini dapat diukur menggunakan IPK. Berdasarkan hasil dari penelitian, dapat dikembangkan suatu penelitian baru yang berfokus baik itu pada perhitungan seberapa besar pengaruh penggunaan internet terhadap prestasi akademik mahasiswa ranah kognitif atau dapat pula dikembangkan bagi ranah lain seperti ranah afektif dan psikomotorik.