Matriks dan Pengukuran Terhadap Kinerja Tata Kelola Teknologi Informasi
Main Author: | -, Maniah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) STMIK Global Informatika MDP
, 2020
|
Online Access: |
http://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jatisi/article/view/224 http://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jatisi/article/view/224/130 |
Daftar Isi:
- IT Governance is a function organizations run by leaders, top management and IT management who jointly monitor the implementation of IT strategies to ensure harmony between businesses and IT [1]. This paper will answer the question - "How to find out the settings and performance of IT governance in an organization?”. To answer, it can be done by setting the IT governance matrix and measuring the performance of IT governance applied to an organization. This research was conducted by way of case studies on an organization and using the template IT Governance one page and Assess your IT governance Performance [2]. The purpose of this study was to obtain an overview of the IT governance matrix and the value of IT governance performance at the Indonesian Post Company. The results of this study indicate that the arrangement of the IT governance matrix at Indonesian Post is Hybrid, which explains that IT Principle, IT Architecture, IT Infrastructure and IT are more spread to various divisions. Then the results of the performance evaluation of TI Indonesian Post governance show that the position is below average with a performance value of 65.6 (range 20 - 90, with an average value of 69) [2]. The contribution of the results of this study is to assist management in making decisions related to the sustainability of IT governance in the Indonesian Post Company.
- Tata Kelola TI adalah fungsi organisasi yang dijalankan oleh para pemimpin, manajemen puncak dan manajemen TI, secara bersama-sama memantau implementasi strategi TI untuk memastikan keharmonisan antara bisnis dan TI [1]. Makalah ini akan menjawab pertanyaan - "Bagaimana mengetahui pengaturan dan kinerja tata kelola TI dalam suatu organisasi?". Untuk menjawabnya, hal itu dapat dilakukan dengan menetapkan matriks tata kelola TI dan mengukur kinerja tata kelola TI yang diterapkan pada suatu organisasi. Penelitian ini dilakukan dengan cara studi kasus pada suatu organisasi dan menggunakan template “IT Governance one page” dan Menilai Kinerja Tata Kelola TI [2] .Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran umum dari matriks tata kelola TI dan nilai kinerja tata kelola TI di PT. Pos Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa susunan matriks tata kelola TI di PT. Pos Indonesia adalah Hibrida, yang menjelaskan bahwa Prinsip IT, Arsitektur TI, Infrastruktur TI dan Investasi TI lebih tersebar ke berbagai divisi. Hasil evaluasi kinerja tata kelola TI di PT. Pos Indonesia menunjukkan bahwa posisinya di bawah rata-rata dengan nilai kinerja 65,6 (kisaran 20 - 90, dengan nilai rata-rata adalah 69) [2]. Kontribusi hasil penelitian ini adalah untuk membantu manajemen dalam mengambil keputusan terkait keberlanjutan tata kelola TI di PT. Pos Indonesia.