Evaluation of Online Portal Success With the DeLone and McLean Model Approach (Case Study: XYZ Company)
Main Author: | Novita, Dien |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) STMIK Global Informatika MDP
, 2019
|
Online Access: |
http://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jatisi/article/view/174 http://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jatisi/article/view/174/94 |
Daftar Isi:
- XYZ company has used the information system to survive and develop to adjust the times and business direction that exists at this time, one of which is the online portal, the total role of portal online is large and there is no measurement of whether the information, systems, and services are sufficient quality, so the author is interested in evaluating the success of the online portal by using the DeLone and McLean model approach. To measure the influence between existing variables, in this study the author uses six variables in the DeLone model, namely information quality, quality system, quality of service, user satisfaction, usage, and net benefits, where processing of statistical data is processed using SmartPLS statistical data processing software, while the results of this study are quality of information does not affect user satisfaction but the quality of information affects the use variable, service quality affects user satisfaction but does not have an influence on the use of a system, system quality has an influence on usage and also user satisfaction variables, user satisfaction variables have no effect on benefits net benefits, user satisfaction does not affect usage, use does not affect netbenefits, usage has an effect on user satisfaction, net benefits have no effect on user use and satisfaction.
- Perusahaan XYZ telah memanfaatkan sistem informasi untuk tetap bertahan dan berkembang menyesuaikan perkembangan zaman dan arah bisnis yang ada pada saat ini, salah satunya adalah portal online,besarnya peran portal online ini dan belum adanya pengukuran apakah informasi, sistem, dan pelayanan yang ada sudah cukup berkualitas, sehingga peneliti melakukan evaluasi kesuksesan pada portal online perusahaan ini dengan menggunakan pendekatan Model DeLone dan McLean. Untuk mengukur pengaruh antar variabel yang ada, peneliti menggunakan enam variabel yang ada pada model DeLone, yakni kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas pelayanan, kepuasan pengguna, penggunaan, dan manfaat-manfaat bersih. Pengolahan data-data statistik diolah menggunakansoftware pengolah data statistik yaitu SmartPLS.Adapun hasil dari penelitian ini adalah kualitas informasi tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna tetapi kualitas informasi berpengaruh terhadap variabel penggunaan, kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna tetapi tidak memiliki pengaruh terhadap penggunaan dari suatu sistem, kualitas sistem memiliki pegaruh terhadap penggunaan dan juga variabel kepuasan pengguna, variabel kepuasan pengguna tidak berpengaruh terhadap manfaat-manfaat bersih, kepuasan pengguna tidak berpengaruh terhadap penggunaan, penggunaan tidak berpengaruh terhadap manfaat-manfaat bersih, penggunaan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna, manfaat-manfaat bersih tidak berpengaruh terhadap penggunaan dan kepuasan pengguna.