Analisis Penentu Strategi Positioning dalam Meningkatkan Pangsa Pasar Telekomunikasi

Main Author: Bahren, Zul
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Wahid Hasyim , 2021
Online Access: https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/AKSES/article/view/5554
https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/AKSES/article/view/5554/3695
Daftar Isi:
  • Persaingan bisnis telekomunikasi di Indonesia semakin ketat. Apabila perusahaan tidak mempunyai strategi pemasaran yang tepat akan kalah dengan pesaing. Salah satunya adalah Strategi Positioning bagaimana menempatkan produk dalam pikiran pelanggan, sehingga dianggap beda dengan produk pesaing. Untuk merancang Strategi Positioning ini perlu diketahui faktor apa saja yang paling berpengaruh dilihat dari persepsi konsumen. Apabila faktor-faktor ini sudah diketahui baru dirancang Strategi Positioning, sehinggan Pansa Pasar dapat dipertahankan dan ditingkatkan. Sebagai studi kasus penulis mengambil wilayah penelitian di PT Telkom Kawasan Timur Indonesia, Divisi Regional VII (DIVRE VII). Penelitian ini memadukan teori Bauran Pemasaran 7P dengan Positioning Pemasaran dengan menggunakan SEM (Sequantial Equational Model). Kemudian didapat hasilnya bahwa 7 faktor dalam Bauran Pemasaran semua mempengaruhi terhadap Startegi Positioning dan Strategi Positioning akan mempengaruh Pangsa Pasar. Semua faktor dalam Bauran Pemasaran baik Strategi harga, distribusi, promosi, layanan pelanggan, proses dan petugas akan mempengaruh Strategi Produk dengan ditunjukkan dengan angka 0,65-1,0. Terutama adalah Distribusi. Strategi Positioning harus diperbaiki supaya bisa mempertahankan dan menaikkan Pangsa Pasar.Kata Kunci: Pemasaran, Telkom, Telekomunikasi AbstractCompetition in the telecommunications business in Indonesia is getting tighter. If the company does not have the right marketing strategy, it will be unable with competitors. One of them is the Positioning Strategy, how to place the product in the mind of the customer, so that it is considered different from competitors' products. To design this Positioning Strategy, it is necessary to know what factors are most influencing in terms of consumer perceptions. If these factors are known, then a Positioning Strategy is designed so that the Market Competition can be maintained and improved. As a case study the authors took the research area at PT Telkom Timur Indonesia, Regional Division VII (DIVRE VII). This study combines the 7P Marketing Mix theory with Marketing Positioning using SEM (Sequantial Equational Model). Then the result shows that the 7 factors in the Marketing Mix all affect the Positioning Strategy and the Positioning Strategy will be affects Market Share. All factors in the Marketing Mix, including pricing, distribution, promotion, customer service, process and staff strategies, will influence the Product Strategy as indicated by the numbers 0.65-1.0. Primarily is Distribution. Positioning strategy must be improved in order to maintain and increase Market Share.Key Words: Marketing, Telecommunication, Telkom