UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MELALUI SUPERVISI AKADEMIK BERKELANJUTAN DI SMK NEGERI DUNGALIYO DAN SMK SWASTA ALMAMATER TELAGA
Main Author: | Zain, Syukrin B |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STKIP Rokania Pasir Pangaraian
, 2019
|
Online Access: |
https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/IJOBE/article/view/254 https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/IJOBE/article/view/254/185 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus melalui Supervisi Akadmik Berkelanjutan dengan tahapan: Pertemuan awal, pemantauan/observasi, penilaian dan refleksi. Untuk melihat efektifitas tindakan maka dilakukan pemantauan dan penilaian terhadap dokumen RPP yang disusun oleh guru-guru. Tindakan dinyatakan berhasil jika: (1) Seluruh guru (100%) mampu menyusun RPP secara lengkap dan sesuai dengan ketentuan (2). Masing-masing guru memperoleh nilai dalam penyusunan RPP minimal 86 dan nilai rata-rata 90 (Kategori Sangat Baik). Hasil penelitian menunjukkan Pelaksanaan Supervisi Akademik Berkelanjutan dapat membantu guru di SMK Negeri Dungaliyo dan di SMK Swasta Almamater Telaga dalam menyiapkan dokumen-dokumen pendukung penyusunan RPP. Penyiapan regulasi pendukung penyusunan RPP meningkat menjadi 100%. Dokumen silabus sebagai pedoman utama dalam menyusun RPP meningkat menjadi 100%. Dan dokumen RPP sebagai acuan dalam pelaksanaan pembelajaran meningkat menjadi 100%. Supervisi Akademik Berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP secara lengkap dan sesuai ketentuan yang berlaku di SMK Negeri Dungaliyo dan di SMK Swasta Almamater Telaga. Hal ini nampak dari hasil penilaian RPP di SMK Negeri Dungaliyo pada siklus II meningkat menjadi 92,80 (kategori Sangat Baik). dan di SMK Swasta Almamater Telaga meningkat menjadi 91,90 (kategori sangat baik)