PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MATERI KELILING LUAS BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)

Main Author: Mustopo, Ali
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP Rokania Pasir Pangaraian , 2019
Online Access: https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/IJOBE/article/view/233
https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/IJOBE/article/view/233/178
Daftar Isi:
  • Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV. SD Negeri 1 Rambah Samo Pada Materi keliling luas permukan bidang datar. Project Based Learning merupakan metode berbasis penemuan terbimbing yang memberikan kesempatan kepada siswa pengetahuan untuk membangun konsep melalui pengalaman belajar. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui penerapan discovery learning  terhadap hasil belajar siswa pada materkeliling luas permukaan bidang datar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 007 Rambah Samo tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 21 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen LKS dan post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model Project Based Learning meningkatkan hasil belajar matematika siswa, dilihat dari dari ketuntasan individu dan ketuntasan klasikalnya, dengan nilai rata-rata yang meningkat dengan persentase ketuntasan 100%dan keterampilan siswa di kelas IV sekolah Dasar Negeri 004 Rambah Samo