Faktor Pendukung Dan Penghambat Dalam Implementasi Penilaian Autentik Di SD Negeri 003 Rambah
Main Authors: | Siregar, Pariang Sonang, Wardani, Lia |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STKIP Rokania Pasir Pangaraian
, 2018
|
Online Access: |
https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/IJOBE/article/view/157 https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/IJOBE/article/view/157/122 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang bertujuan untuk memperoleh faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan penilaian autentik di SD Negeri 003 Rambah Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau. Penelitian ini memfokuskan pada pengkajian proses implementasi penilaian autentik di SD Negeri 003 Rambah yang telah menerapkan kurikulum 2013. Subfokus Penelitian yaitu faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi penilaian autentik pada kurikulum 2013 di SD Negeri 003 Rambah. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung dalam mengimplementasikan penilaian autentik di SD Negeri 003 Rambah ini terdiri dari motivasi dari kepala sekolah, semangat yang tinggi, sering mengikuti pelatihan dan workshop, dan menjadi tutor sebaya di lingkungan sekolah. Namun di sisi lain faktor penghambat yaitu masih lambat dalam mengoperasikan komputer dan serta belum paham dalam pengisian aplikasi penilaian autentik. Tetapi faktor ini bukan penghambat besar untuk terus mengimplementasikan penilaian autentik pada kurikulum 2013 di SD Negeri 003 Rambah.