PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 GUNUNG TERANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Main Authors: | ., Nureva, Dewi, Cahya Nia Tara |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
LPPM Universitas Hein Namotemo
, 2018
|
Online Access: |
http://journal.unhena.ac.id/index.php/HibSos/article/view/69 http://journal.unhena.ac.id/index.php/HibSos/article/view/69/57 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Gunung Terang tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Gunung Terang. Penentuan sampel dilakukan menggunakan sampling jenuh, jumlah siswa 24. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji-t skor pretest dan posttest yang didapat pretest sebesar 51% dan posttest sebesar 81%. Hasil analisis data menunjukkan thitung = 22,0263 dan ttabel dengan db = 23 dengan mengambil taraf nyata α = 0,05 didapat 1,714. Jadi thitung>ttabel. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak, yang berarti terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 3 Gunung Terang tahun pelajaran 2017/2018. ABSTRACT This study aims to determine the effect of Index Card Match learning model on science learning outcomes in fourth grade students of SD Negeri 3 Gunung Terang in the academic year 2017/2018. This research is a quantitative research with one group pretest posttest design design. The population in this research is the fourth grader of SD Negeri 3 Gunung Terang. Sample determination was done using saturated sampling, number of student 24. Technique of collecting data using test and analyzed by using t test. The results showed pretest and posttest result of pretest and posttest score of 51% and posttest of 81%. The result of data analysis shows tcount = 22,0263 and ttable with db= 23 by taking the real level α = 0,05 got 1,714. So tcount> ttable. Based on these results can be concluded that H1 accepted and H0 rejected, which means there is influence of the use of learning model Index Card Match on science learning outcomes fourth grade students SD Negeri 3 Gunung Terang academic year 2017/2018.