PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KELOMPOK BUZZ (BUZZ GROUP) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SUHU DAN KALOR
Main Author: | Usman, Gufran |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
LPPM Universitas Hein Namotemo
, 2018
|
Online Access: |
http://journal.unhena.ac.id/index.php/HibSos/article/view/43 http://journal.unhena.ac.id/index.php/HibSos/article/view/43/30 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-6 SMA Negeri 2 Kota Ternate pada konsep suhu dan kalor dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik kelompok Buzz (Buzz group). Desain penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas X-6 dengan jumlah siswa 40 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes yang berjumlah 6 item soal essay pada siklus I dengan skor total 67, sedangkan soal tes yang digunakan pada siklus II berjumlah 6 item soal essay dengan jumlah skor total 76. Setelah dianalisis data secara deskriptif, diperoleh pada siklus I, aktivitas siswa rata-rata 53,78%, aktivitas guru 61,36% dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 19 orang atau 47,5%. Sedangkan pada siklus II data yang diperoleh, aktivitas siswa meningkat menjadi 61.81%, aktivitas guru 77,27% dan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 28 orang atau 70%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik kelompok Buzz (Buzz group) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep suhu dan kalor.