MODEL ARIAS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI

Main Author: Nakrowi, Zain Syaifudin
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: LPPM Universitas Hein Namotemo , 2018
Online Access: http://journal.unhena.ac.id/index.php/HibSos/article/view/31
http://journal.unhena.ac.id/index.php/HibSos/article/view/31/18
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi model ARIAS dalam meningkatkan kualitas pembelajaran menulis paragraf deskripsi di SMP Negeri 1 Kunduran. Indikator peningkatan kualitas ini diukur dari meningkatnya mutu proses pembelajaran dan nilai hasil pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Kunduran. Model pembelajaran yang digunakan sebagai tindakan dalam penelitian ini adalah ARIAS (assurance, relevance, interest, assessment, dan satisfaction). Data dalam penelitian ini diambil dengan teknik  observasi, wawancara, tes, catatan lapangan, dokumen tugas siswa, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan kualitas pembelajaran keterampilan menulis deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, dan Satisfaction) pada siswa Kelas VIII F SMP Negeri 1 Kunduran . Siswa tampak antusias dan termotivasi dengan metode yang diterapkan oleh guru dikelas. Siswa secara tertib mengerjakan tugas menulis karangan deskripsi dengan model pembelajaran ARIAS secara individu. Selain adanya peningkatan minat dan motivasi siswa, kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi juga dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa. Pada saat dilaksanakan tindakan siklus I nilai rata-rata siswa 74.7 . Terlihat adanya peningkatan prestasi belajar yang cukup signifikan setelah dilaksanakan tindakan kelas siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 81