Pengembangan Kreativitas Dan Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini Dalam Perspektif Atribut Dan Organisasi
Main Authors: | selvi, issaura dwi, Wulantaka, Nazauma Nareswara |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas PGRI Semarang
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/5783 http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/5783/3239 http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/downloadSuppFile/5783/997 |
Daftar Isi:
- Artikel ini mencoba menggambarkan pengembangan kreativitas dan alat permainan edukatif apabila ditinjau dari perspektif atribut dan organisasi. Metodologi yang digunakan adalah Library Research dengan mencari data melalui buku, arikel jurnal dan dokumentasi. Hasil tulisan ini mengetahui bahwa untuk mengembangkan kreativitas dalam perspektif atribut, memandang bahwa dalam berkreativitas guru memiliki kemampuan berpikir fleksibel dan hasil pemikiran sendiri. Pembuatan alat permainan edukatif perspektif atribut memiliki tiga unsur penting yakni memperhatikan kualitas, kerangka bentuk dan fitur produk. Dilihat dari kualitas, alat permainan edukatif harus bekerja sesuai fungsinya, sedangkan fitur harus memiliki sifat khas berbeda dari pada sebelumnya, dan desain alat permainan edukatif harus memiliki bentuk, ciri, kenyamanan, keamanan, keandalan dan style yang menarik. Sedangkan kreativitas dalam perspektif organisasi meminta guru untuk cermat, analisis, inovatif, memusatkan pada kebutuhan anak, dapat digunakan dalam kelompok (kooperatif), dan konsisten menentukan keputusan. Kemudian alat permainan edukatif dalam perspektif organisasi harus memiliki tujuh dimensi yakni berani beresiko, detail, orientasi individu, orientasi tim, agresif, dan stabilitas.