KEEFEKTIFAN MODEL EXAMPLE NON-EXAMPLE BERBANTU MEDIA VISETATERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Aji, Ginanjar Wisnu, Sary, Ryky Mandar |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas PGRI Semarang
, 2018
|
Online Access: |
http://journal.upgris.ac.id/index.php/malihpeddas/article/view/2677 http://journal.upgris.ac.id/index.php/malihpeddas/article/view/2677/pdf |
Daftar Isi:
- Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD pada mata pelajaran IPA materi daur air dan kurangnya pemahaman konsep materi daur air. Penelitian ini dilaksanakan pada salah satu SDN di Magelang kelas V yang berjumlah 35 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu “purposive sampling”. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model example non-example berbantu media VISETA diperoleh thitung = 4,570 > ttabel = 2,030. Maka Haditerima yang berarti hasil belajar siswa mencapai KKM 70 dan ketuntasan belajar klasikal mencapai 88,57%. Sedangkan pada uji hipotesis diperoleh thitung = 12,262 ≥ ttabel = 2,030. Maka terdapat keefektifan model Example Non-Example berbantu media VISETA pada salah satu siswa kelas V SDN di Kota Magelang sesudah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran example non-example berbantu media VISETA (Video Semua Tentang Air).