PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR ENERGI PANAS DAN BUNYI MELALUI MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD 3 BACIN KUDUS
Main Author: | suryawati, suryawati |
---|---|
Other Authors: | SURYAWATI |
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas PGRI Semarang
, 2018
|
Online Access: |
http://journal.upgris.ac.id/index.php/malihpeddas/article/view/2271 http://journal.upgris.ac.id/index.php/malihpeddas/article/view/2271/pdf http://journal.upgris.ac.id/index.php/malihpeddas/article/downloadSuppFile/2271/194 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian adalah untuk menguji penerapan model numbered head together dapat meningkatkan minat dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam materi energi panas dan bunyi pada siswa kelas IV SD 3 Bacin Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016. Rancangan penelitian dilaksanakan melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleki. Penelitian dilaksanakan dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD 3 Bacin Kecamatan Bae Kudus. Hasil penelitian menunjukkan, ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 72,41% kemudian siklus II meningkat menjadi 89,66%. Hal ini telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan peneliti yaitu ketuntasan klasikal ≤ 80% dengan ketuntasan individu ≥ 67 (KKM). Simpulan dari penelitian yaitu, melalui model numbered head together dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPA. Disarankan, pada proses pembelajaran guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan serta melibatkan aktivitas seluruh siswa.