PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS V SEMESTER II SD 1 DERSALAM BAE KUDUS
Main Author: | suprapti, suprapti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas PGRI Semarang
, 2018
|
Online Access: |
http://journal.upgris.ac.id/index.php/malihpeddas/article/view/2270 http://journal.upgris.ac.id/index.php/malihpeddas/article/view/2270/pdf |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji penerapan pendekatan contextual teaching and learning dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD 1 Dersalam semester II Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas V SD 1 Dersalam. Hasil siklus I menunjukkan nilai ketuntasan klasikal mencapai 75% ada peningkatan nilai rata-rata menulis puisi dari pratindakan ke siklus I sebesar 8,33%. Pada siklus II nilai ketuntasan klasikal mencapai 91,67%, mengalami peningkatan sebesar 16,67% dari siklus I dan 25% dari kondisi awal. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat simpulkan bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi.