PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD ( STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI ORGANISASI KELAS V SD BERUGENJANG KUDUS

Main Author: Winoto, Darmo
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas PGRI Semarang , 2018
Online Access: http://journal.upgris.ac.id/index.php/malihpeddas/article/view/1912
http://journal.upgris.ac.id/index.php/malihpeddas/article/view/1912/pdf
http://journal.upgris.ac.id/index.php/malihpeddas/article/downloadSuppFile/1912/159
Daftar Isi:
  • Abstract Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) siswa kelas V SD Berugenjang Undaan Kudus cenderung peran guru lebih dominan dan meminimalkan peran siswa. Hal ini mengakibatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa belum maksimal. Tindakan yang dilakukan untuk memecahkan permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran STAD ( Student Teams Achievement Divisions) untuk membelajarkan materi organisasi sekolah pada siswa kelas V SD 1 Berugenjang Undaan Kudus. Atas dasar inilah perlu penggunaan model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar PKn.Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi yang dilaksanakan dalam dua siklus, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, serta refleksi. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Berugenjang Undaan Kudus tahun pelajaran 2014/2015. Suasana belajar dan peningkatan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran juga mempengaruhi keberhasilan belajar PKn.