ANALISIS PEMANFAATAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DALAM MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN BAHASA DI TK TUNAS RIMBA II KOTA SEMARANG

Main Author: Pusari, Ratna Wahyu
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas PGRI Semarang , 2016
Online Access: http://journal.upgris.ac.id/index.php/malihpeddas/article/view/1118
http://journal.upgris.ac.id/index.php/malihpeddas/article/view/1118/996
http://journal.upgris.ac.id/index.php/malihpeddas/article/downloadSuppFile/1118/81
Daftar Isi:
  • Pembelajaran bahasa sangat penting ditanamkan sejak usia dini, karena bahasa merupakan alat komunikasi yang penting. Untuk mendukung perkembangan bahasa maka diperlukan alat permainan guna mendukung terstimulasinya perkembangan bahasa anak usia dini. Tidak semua sekolah memiliki APE yang sesuai dengan rasio anak, usia anak, perkembangan anak; sehingga pembelajaran menjadi menjemukan, anak menjadi bosan dan saling menggangu satu sama lain. Selain APE, pusat pembelajaran yang masih berpusat pada guru juga menambah tingkat kejenuhan anak dalam belajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuliatatif untuk menggambarkan bagaimana pemanfaatan APE dalam menciptakan pembelajaran bahasa di TK Tunas Rimba II Kota Semarang. Berdasarkan hasil observasi, TK Tunas Rimba II Kota Semarang masih menggunakan pusat pembelajaran yang berpusat pada guru, model pembelajaran kelompok, dan kurang dalam pemanfaatan APE dalam pembelajaran bahasa.