HEGEMONI BAHASA INGGRIS DALAM SLOGAN PERGURUAN TINGGI (ANALISIS WACANA KRITIS FAIRCLOUGH PADA SLOGAN DUA UNIVERSITAS SWASTA DI KOTA BANDUNG)

Main Author: Samosir, Dian Kristiani; Telkom University
Other Authors: Dian Kristiani Samosir, Telkom University, Prodi Ilmu Komunikasi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Seni Rupa dan Desain , 2016
Subjects:
Online Access: http://journals.itb.ac.id/index.php/sostek/article/view/1538
http://journals.itb.ac.id/index.php/sostek/article/view/1538/1158
Daftar Isi:
  • Bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang diresmikan sebagai bahasa Internasional. Penggunaan bahasa Inggris telah mempengaruhi aspek pendidikan; salah satunya adalah penggunaan bahasa Inggris dalam slogan universitas yang digunakan sebagai identitas diri. Dibalik slogan ini terdapat kekuatan-kekuatan dari hegemoni bahasa Inggris yang dapat diteliti. Tujuan dari penlitian ini adalah, mendeskripsikan aspek linguistik yang digunakan dalam mereprentasikan slogan Universitas, hubungan antara pembuat teks slogan dan aspek linguistik yang dihasilkan dan situasi sosial dan budaya yang melatarbelakangi aspek linguistik yang digunakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis wacana kritis model Norman Fairclough. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek linguistik yang berupa diksi dan bentuk kata dalam slogan duauniversitasswasta di kota Bandung adalah bagian dari bentuk pencitraan positif. Slogan Universitas tersebut disesuaikan dengan visi, misi, dan tujuan dari universitas. Slogan ini berkaitan dengan ideologi kapitalisme yang dianut oleh keduauniversitastersebut sehingga menunjukkan penggunaan bahasa Inggris dalam slogan merupakan pengaruh dari globalisasi dan westernisasi. Kata Kunci:, Slogan, Analisis Wacana Kritis Fairclough, Hegemoni, BahasaInggris