Aplikasi Pembelajaran Mengetik Cepat Berbasis Game Edukasi Dengan Linear Congruent Method (LCM)
Main Author: | Setiyadi, Didik |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani
, 2016
|
Online Access: |
http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/BIICT/article/view/817 http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/BIICT/article/view/817/660 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Salah satu bentuk hiburan yang tidak asing lagi dan memang banyak diminati dalam kehidupan kita adalah game. Game merupakan aplikasi yang tidak asing lagi bagi masyarakat dari segala lapisan. Namun perkembangan game itu sendiri saat ini masih di dominasi oleh produksi-produksi dari luar seperti Amerika dan Jepang. Upaya untuk meningkatkan efisiensi penyediaan aplikasi yang mengadung unsur pendidikan diperlukan berbagai alternative dan inovasi baru dalam hal pemrograman untuk bisa diterapkan sebagai alat untuk mempermudah proses pembelajaran. Dengan adanya game edukasi typer ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengetik. Penulis memilih anak usia 6-12 tahun sebagai sampel pengguna game, karena minat terhadap proses belajar secara teoritis, mengingat anak-anak lebih suka bermain game. Penulis akan membuat game edukasi berbasis typer agar anak-anak bisa belajar sambil bermain.Kata kunci: game edukasi, media pembelajaran, metode LCMAbstract: One form of entertainment that is familiar and is much in demand in our life is a game . Game is an application that is not familiar to the people of all walks of life . But the development of the game itself is still dominated by productions from outside like the US and Japan . Efforts to improve the efficiency of the provision of applications , which contained elements of education required a variety of alternative and new innovations in programming to be applied as a tool to facilitate the learning process . With the educational game typer is expected to improve a child's ability to type . The author chose children aged 6-12 years as users sample games, because interest in the learning process theoretically , considering the kids love to play games . The author will make educational game based typer so that children can learn while playing.Keywords: educational games , media, LCM methode