PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN IPS KELAS II SD MUHAMMADIYAH 2 DUKUN-GRESIK
Main Author: | Maliana, Heffy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umg.ac.id/3358/1/ABSTRAK.pdf http://eprints.umg.ac.id/3358/2/BAB%201.pdf http://eprints.umg.ac.id/3358/3/BAB%202.pdf http://eprints.umg.ac.id/3358/4/BAB%203.pdf http://eprints.umg.ac.id/3358/5/BAB%204.pdf http://eprints.umg.ac.id/3358/6/BAB%205.pdf http://eprints.umg.ac.id/3358/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umg.ac.id/3358/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran STAD pada peserta didik kelas II SD Muhammadiyah 2 Dukun-Gresik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes dengan menggunakan instrumen penilaian berupa lembar aktivitas guru, lembar aktivitas peserta didik, dan tes hasil belajar siswa. Hasil belajar peserta didik secara klasikal sebesar 80% dan sudah mencapai indikator keberhasilan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar pelajaran IPS mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan bagi guru SD untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil balajar IPS