PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI BUDIDAYA PERIKANAN POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK

Main Authors: Samsuddin, Samsuddin, Setiyaningsih, Endang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Pontianak , 2017
Subjects:
Online Access: http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/jm_motivasi/article/view/564
http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/jm_motivasi/article/view/564/pdf
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap keputusan mahasiswa memilih Program Studi Budidaya Perikanan Politeknik Negeri Pontianak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Budidaya Perikanan Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan Politeknik Negeri Pontianak. Sampel yang dipilih sebanyak 100 orang responden dari Program Studi Budidaya Perikanan Tahun Akademik 2015/2016 dengan teknik Proporsional Stratified Random Sampling.Hasil dari persamaan regresi Y= 3.667+0.545X, persamaan regresi linier sederhana dalam penelitian ini apabila promosi tetap atau tidak dilakukan peningkatan, maka nilai keputusan mahasiswa memilih Program Studi Budidaya Perikanan adalah sebesar 3.667. Nilai koefisien korelasi adalah sebesar 0,422, maka dapat disimpulkan bahwa hubungan antara advertising, publisity, sales promotion, dan direct marketing terhadap keputusan mahasiswa memilih Program Studi Budidaya Perikanan Politeknik Negeri Pontianak adalah sedang karena pada rentang 0,40-0,599. Nilai koefisien determinasi pada penelitian ini sebesar 0,178, sedangkan uji model (Uji F) dapat disimpulkan bahwa model regresi linier sederhana tersebut dapat digunakan untuk memprediksi keputusan mahasiswa memilih Program Studi Budidaya Perikanan Politeknik Negeri Pontianak yang dipengaruhi oleh promosi.Kata kunci: Promosi, keputusan mahasiswa, budidaya perikanan