EfektivitasPembelajaran Media E-Learning Berbasis Web Dan KonvensionalTerhadap Tingkat KeberhasilanBelajarMahasiswa (StudiKasusMahasiswa Program StudiManajemenFakultasEkonomiUniversitasMuhammadiyah Pontianak
Main Author: | Supriadi, Fenni |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Pontianak
, 2017
|
Online Access: |
http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/jm_motivasi/article/view/449 http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/jm_motivasi/article/view/449/pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran E-Learning berbasis web pada matakuliah e-commerce terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak. Metodepenelitian yang digunakan adalah metode penelitian quasi eksperimen dengan sampel penelitiannya adalah Mahasiswa yang mengambil matakuliah e-commerce pada Program Studi Manajemen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Uji beda dilakukan untuk mengukur perbedaan efektivitas media pembelajaran E-Learning berbasis web dan media pembelajaran konvensional berdasarkan hasil belajarnya. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa tingkat efektivitas pembelajaran media e-learning berbasis web terhadap tingkat keberhasilan belajar mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak yang mengikuti perkuliahan e-commerce di kelas eksperimen lebih tinggi di bandingkan di kelas kontrol yang menggunakan media pembelajarankonvensional (84,04 > 74,28) Kata kunci : Media pembelajaran, E-Learning, Konvensional, Hasil belajar