Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan PT. Matahari Department Store Tbk, Mega Mall Pontianak

Main Authors: 01, Sinhan, Citany, Paduka
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Pontianak , 2017
Online Access: http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/jm_motivasi/article/view/433
http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/jm_motivasi/article/view/433/pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini untuk mengalisis kepuasan konsumen terhadap pelayanan PT. Matahari Department Store Tbk Mega Mall Pontianak.Penelitian ini menggunakan metode survey, yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner sebagai alat untuk mengumpulkan data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen atau pelanggan yang pernah membeli atau berbelanja di Matahri Department Store dan dipilih sebanyak 100 orang sebagai sampel dengan teknik accindental sampling.Variabel penelitian menggunakan lima dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari keandalan (Reliability), daya tanggap (Responsiveness), jaminan (Assurance), empati (Emphaty) dan bukti fisik (Tangible) yang diukur dengan menggunakan skala Likert. Pernyataan dalam skala Likert tersebut berhubungan dengan tingkat kepentingan dan kepuasan konsumen. Teknik analisis data menggunakan diagram kartesius. Hasil analisis tingkat kepentingan dan kualitas pelayanan meperlihatkan bahwa konsumen tidak puas dengan kinerja pelayanan yang diberikan PT. Matahari Department Store Tbk Mega Mall Pontianak. Ketidakpuasan ini tercermin dari nilai peringkat kepentingan ( ) rata-rata sebesar 4,52% dan peringkat kepuasan ( ) rata-rata sebesar 4,39%. Artinya, bahwa kinerja pelayanan yang diberikan lebih rendah dibandingkan dengan tingkat kepentingan (harapan) responden, sehingga konsumen tidak puas dengan pelayanan PT. Matahari Department Store Tbk Mega Mall Pontianak. Kata kunci :bukti fisik, keandalan, daya tanggap,jaminan, dan empati