Sistem Informasi Pembayaran Biaya Pendidikan Pada SMP Noer Hidayah Bekasi
Main Authors: | Novianti, Rizki Amalia, Rofiah, Syahbaniar |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani
, 2018
|
Online Access: |
http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/ISBI/article/view/1038 http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/ISBI/article/view/1038/873 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Perkembangan dari masa ke masa telah berubah terutama pada perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan disegala bidang yang mendorong hampir semua instansi ke dalam teknologi yang berbasis komputer. Perkembangan tersebut menuntut segala hal dilakukan secara cepat dan tepat, terutama pada SMP Noer Hidayah Bekasi. Sistem pembayaran biaya pendidikan siswa pada SMP Noer Hidayah Bekasi masih menggunakan pencatatan dengan menulis kedalam buku besar. Hal ini menyebabkan sulitnya mencari data pembayaran siswa yang sudah terjadi apabila diperlukan kembali dan pembuatan laporan transaksi pembayaran yang masih kurang akurat. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sistem informasi pembayaran yang akurat, efektif dan tepat. Untuk menunjang penelitian ini, metode yang digunakan adalah waterfall dengan model pengembangan SDLC yang mampu membuat sistem secara bertahap. Diharapkan dengan adanya sistem informasi biaya pendidikan hasil yang didapat menjadi lebih baik untuk SMP Noer Hidayah Bekasi dan bisa memaksimalkan kinerja petugas tata usaha dalam melakukan pembayaran siswa serta informasi yang didapat lebih efektif dan efesien. Kata kunci: Biaya Pendidikan, Pembayaran, SDLC, Sistem Informasi. Abstract: Development from time to time has changed, especially in the development of technology and science in all fields that drive almost all agencies into computer-based technology. These developments require everything to be done quickly and precisely, especially at Bekasi Noer Hidayah Middle School. The payment system for the education costs of students at Bekasi Noer Hidayah Middle School still uses recording by writing into the ledger. This causes difficulty in finding student payment data that has occurred if it is needed again and making payment transaction reports that are still less accurate. This study aims to produce an accurate, effective and appropriate payment information system. To support this research, the method used is the waterfall with the SDLC development model that is able to make the system gradually. It is expected that with the information system the cost of education for the results will be better for Noer Hidayah Middle School in Bekasi and can maximize the performance of administrative officers in making student payments and information obtained is more effective and efficient. Keywords: Education, Fee, Information Systems, Payments, SDLC.