Evaluasi Program Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Olahraga Di SMP Negeri 3 Malang Menggunakan Model Cipp

Main Author: Jamaluddin, Awal Akbar
Other Authors: Prof. Dr. M.E Winarno, M. Pd
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: UNIVERSITAS NEGERI MAKASSSAR , 2018
Subjects:
Online Access: https://ojs.unm.ac.id/sportive/article/view/5681
https://ojs.unm.ac.id/sportive/article/view/5681/5487
https://ojs.unm.ac.id/sportive/article/downloadSuppFile/5681/474
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan program pendidikan jasmani di SMP Negeri 3 Malang dengan menggunakan pendekatan model evaluasi Contexs, Input, Prosess, Product (CIPP). Penentuan keefektifan suatu proses pembelajaran ditinjau dari seberapa besar tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan pada awal pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan model CIPP dengan mengevaluasi tiap komponen konteks, input, proses dan produk untuk mencapai proses pembelajaran yang efektif. Sumber data penelitian adalah Guru Pendidikan Jasmani, wakil bidang kurikulum, serta Kepala Sekolah yang berada di SMP Negeri 3 Malang. Pengumpulan data primer menggunakan instrumen observasi sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumentasi dan wawancara. Data hasil observasi yang diperoleh kemudian dianalisis secara kuantitatif sedangkan data hasil dokumentasi dan wawancara dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa keterlaksanaan program pendidikan jasmani di SMP Negeri 3 Malang masuk pada kategori sangat baik.