KORELASI MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL KELAS X DI SMK NEGERI 8 PADANG SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2018/2019

Main Author: AMMALIYA, SANRI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Document
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.upiyptk.ac.id/2436/1/15101156110012_sanriammaliya.pdf
http://repository.upiyptk.ac.id/2436/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Korelasi motivasi dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar kelas X di SMK Negeri 8 Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian korelasional. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 8 Padang, pada bulan Desember 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 8 Padang berjumlah 224 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan proposional random sampling (sampel diambil dengan cara proposional). Yang terpilih menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 152 siswa. Hasil analisis data menunjukkan Korelasi Motivasi dengan hasil belajar yaitu rhitung>rtabel (1,695>0,1593), terdapat hubungan yang positif dan signifikan dan dilanjutkan dengan uji t sebesar thitung>ttabel (7,541>1,975), hipotesis pertama diterima, Korelasi Gaya belajar dengan hasil belajar adalah rhitung>rtabel (0,1688>0,1593), terdapat hubungan yang positif dan signifikan dan dilanjutkan dengan uji t sebesar thitung>ttabel (4,696>1,975), hipotesis kedua diterima, Korelasi Motivasi dan gaya belajar dengan hasil belajar secara bersama-sama hasilnya adalah rhitung>rtabel ( >0,1593), hubungan yang positif dan signifikan dan dilanjutkan dengan uji f sebesar Fhitung > FTabel (6,130>1,334). hipotesis ketiga diterima pada mata pelajaran simulasi digital siswa kelas X SMK Negeri 8 Padang tahun pelajaran 2018/2019. Jadi dapat disimpulkan selain faktor motivasi dan gaya belajar masih banyak lagi faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa.