Hubungan Gaya dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X SMKSMAK Padang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019

Main Author: Asmara, Zoni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Document
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.upiyptk.ac.id/2425/1/SKRIPSI%20ZONI%20ASMARA%2015101156110017_ABSTRAK.pdf
http://repository.upiyptk.ac.id/2425/
ctrlnum 2425
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.upiyptk.ac.id/2425/</relation><title>Hubungan Gaya dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X SMKSMAK Padang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019</title><creator>Asmara, Zoni</creator><subject>Teknologi Pendidikan</subject><subject>Teknologi Komputer Jaringan</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi karena pada setiap siswa belajar dengan kecepatan yang berbeda serta kecenderungan gaya belajar siswa yang berbeda dalam menyimak dan menerima informasi dan adanya siswa yang kurang keseriusan minat dalam belajar yang menyebabkan hasil belajar siswa kurang maksimal, oleh karena itu peneliti melakukan penelitian dengan judul hubungan gaya dan minat belajar dengan hasil belajar mata pelajaran simulasi dan komunikasi digtal siswa kelas X SMK-SMAK Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar, dan antara minat belajar dengan hasil belajar serta antara gaya belajar dan minat belajar secara bersama-sama pada hasil belajar mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X SMK-SMAK Padang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian Korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMK-SMAK Padang pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X di SMK-SMAK Padang yaitu 254 orang dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling. Yang terpilih menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 150 orang siswa dan selanjutnya melakukan analisis data dengan mencari Interval, Mean, Median, Modus, Normalitas, Linear, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh koefisien hubungan gaya belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar Simulasi dan Komunikasi Digital. Hasil pengujian pada taraf signifikansi &#x3B1; 0,05 (taraf kepercayaan 95%) didapatkan nilai rx1y sebesar 9,6425 dengan rtabel 0,160 karena rhitung&gt;rtabel maka hipotesis pertama diterima. Kemudian nilai rx2y sebesar 2,351 dengan rtabel 0,160, karena rhitung&gt;rtabel maka hipotesis kedua diterima. Selanjutnya nilai rx1x2y sebesar 2,948 dengan rtabel 0,160, karena rhitung&gt;rtabel maka hipotesis ketiga diterima. Dan didukung oleh nilai Fhitung = 7,224 dan Ftabel = 3,06 sehingga diperoleh Fhitung&gt; Ftabel (7,224 &gt;3,06). Dengan demikian hipotesis ketiga diterima, yang berarti bahwa terdapat hubungan yang yang positif dan signifikan gaya belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar Simulasi dan Komunikasi Digtal siswa kelas X di SMK-SMAK Padang semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa masih ada variabel lain yang berhubungan dengan Hasil belajar pada gaya dan minat belajar.</description><date>2019-01</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upiyptk.ac.id/2425/1/SKRIPSI%20ZONI%20ASMARA%2015101156110017_ABSTRAK.pdf</identifier><identifier> Asmara, Zoni (2019) Hubungan Gaya dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X SMKSMAK Padang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang. </identifier><recordID>2425</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Document:Document
Document
author Asmara, Zoni
title Hubungan Gaya dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X SMKSMAK Padang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019
publishDate 2019
isbn 2015101156110
topic Teknologi Pendidikan
Teknologi Komputer Jaringan
url http://repository.upiyptk.ac.id/2425/1/SKRIPSI%20ZONI%20ASMARA%2015101156110017_ABSTRAK.pdf
http://repository.upiyptk.ac.id/2425/
contents Penelitian ini dilatar belakangi karena pada setiap siswa belajar dengan kecepatan yang berbeda serta kecenderungan gaya belajar siswa yang berbeda dalam menyimak dan menerima informasi dan adanya siswa yang kurang keseriusan minat dalam belajar yang menyebabkan hasil belajar siswa kurang maksimal, oleh karena itu peneliti melakukan penelitian dengan judul hubungan gaya dan minat belajar dengan hasil belajar mata pelajaran simulasi dan komunikasi digtal siswa kelas X SMK-SMAK Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar, dan antara minat belajar dengan hasil belajar serta antara gaya belajar dan minat belajar secara bersama-sama pada hasil belajar mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X SMK-SMAK Padang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian Korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMK-SMAK Padang pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X di SMK-SMAK Padang yaitu 254 orang dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling. Yang terpilih menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 150 orang siswa dan selanjutnya melakukan analisis data dengan mencari Interval, Mean, Median, Modus, Normalitas, Linear, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh koefisien hubungan gaya belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar Simulasi dan Komunikasi Digital. Hasil pengujian pada taraf signifikansi α 0,05 (taraf kepercayaan 95%) didapatkan nilai rx1y sebesar 9,6425 dengan rtabel 0,160 karena rhitung>rtabel maka hipotesis pertama diterima. Kemudian nilai rx2y sebesar 2,351 dengan rtabel 0,160, karena rhitung>rtabel maka hipotesis kedua diterima. Selanjutnya nilai rx1x2y sebesar 2,948 dengan rtabel 0,160, karena rhitung>rtabel maka hipotesis ketiga diterima. Dan didukung oleh nilai Fhitung = 7,224 dan Ftabel = 3,06 sehingga diperoleh Fhitung> Ftabel (7,224 >3,06). Dengan demikian hipotesis ketiga diterima, yang berarti bahwa terdapat hubungan yang yang positif dan signifikan gaya belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar Simulasi dan Komunikasi Digtal siswa kelas X di SMK-SMAK Padang semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa masih ada variabel lain yang berhubungan dengan Hasil belajar pada gaya dan minat belajar.
id IOS5564.2425
institution Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
institution_id 1330
institution_type library:university
library
library Andalusia Library & Knowledge Center
library_id 1147
collection Repository Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
repository_id 5564
subject_area Repository
city KOTA PADANG
province SUMATERA BARAT
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS5564
first_indexed 2019-05-08T17:57:24Z
last_indexed 2019-05-08T17:57:24Z
recordtype dc
_version_ 1707866414728085504
score 17.538404