PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) KELAS X SMA BAITURRAHMAN PADANG TAHUN AJARAN 2018/2019
Main Author: | JUDILLA, ZIKRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Document |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.upiyptk.ac.id/2400/1/ZIKRI%20JUDILLA_13101156110100_ABSTRAK.pdf http://repository.upiyptk.ac.id/2400/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar TIK yang diperoleh siswa kelas X SMA Baiturrahman Padang tahun ajaran 2018/2019. Hal ini terjadi karena metode pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional. Oleh karena itu penulis berupaya merancang media pembelajaran interaktif yang menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Validitas, Praktikalitas dan Efektifitas Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macrromedia Flash Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas X SMA Baiturrahman Padang Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research & Development) yang mengacu pada Model 4D dengan tahapan yang dilalui dalam penlitian ini adalah tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Pengambilan data dilakukan kepada pengguna Media Pembelajaran Interaktif. Sampel penelitian berjumlah 24 orang siswa SMA Baiturrahman Padang. Hasil uji validitas oleh para ahli secara keseluruhan penilaian uji validator terhadap Modul Pembelajaran pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas X SMA Baiturrahman Padang sebesar 87,99%, sehingga tingkat validitas dapat di interprestasikan Valid digunakan. Hasil penilaian uji praktikalitas secara keseluruhan penilaian praktikalitas terhadap Modul Pembelajaran pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas X SMA Baiturrahman Padang sebesar 79,2%, sehingga tingkat praktikalitasnya dapat di interprestasikan Praktis digunakan. Hasil penilaian uji efektifitas secara keseluruhan penilaian efektifitas terhadap Modul Pembelajaran pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas X SMA Baiturrahman Padang sebesar 83,4% sehingga tingkat efektifitasnya dapat di interprestasikan Sangat Baik digunakan. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi nilai validitas, praktikalitas, dan efektifitas suatu produk maka akan semakin layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.