PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PUSKESMAS SUNGAI RUMBAI

Main Author: PUTRA, HADI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Document
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.upiyptk.ac.id/2368/1/12101155310020_HADI%20PUTRA.pdf
http://repository.upiyptk.ac.id/2368/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat inap di Puskesmas Sungai Rumbai. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji T dan uji F. Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan Uji Parsial (Uji t) diperoleh: (a) ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan dan kepuasan pasien di buktikan dengan nilai t hitung > t tabel (3,269 > 1,984) deangan tingkat signifikan (0,001 < 0,05). (b) ada pengaruh yang signifikan antara fasilitas dan kepuasan pasien dibuktikan dengan hitung > t tabel (8,093 > 1,984) dengan tingkat signifikan (0,000 < 0,05). Kemudian berdasarkan uji hipotesis secara simultan (uji f) dapat diketahui nilai 176,817 > 3,09 5,886 dengan tingkat siginifikan (0,000 < 0,05). Maka penulis berkesimpulan bahwa pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien rawat inap puskesmas sungai rumbai dan berdasarkan uji koefisien Determinasi (R Square) nilainya adalah 0,785 atau 78,5 %. Hal ini menunjukkan bahwa besarnya persentase kontribusi variabel kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien adalah sebesar 78,5%.