PENGARUH MINAT MAHASISWA, KECERDASAN EMOSIONAL, KEPERCAYAAN DIRI, PERILAKU BELAJAR DAN BUDAYA AKADEMIK PADA TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA “YPTK” PADANG)

Main Author: AGUSTIN, FEBBY
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Document
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.upiyptk.ac.id/2292/1/14101155110312_FEBBY%20AGUSTIN_ABSTRAK.pdf
http://repository.upiyptk.ac.id/2292/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar pengaruh minat mahasiswa,kecerdasan eosional,kepercayaan diri,perilaku belajar dan budaya akademik terhadap pemahaman akuntansi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa program studi akuntansi bp 16 Universitas Putra Indonesia “YPTK” padang, dengan sampel sebanyak 107 orang dan populasi sbanyak 500 orang. Penelitian ini menggunakan rumus Slovin. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linier berganda. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan sebagai berikut : variabel minat mahasiswa,kecerdasan emosional,kepercayaan diri,perilaku belajar dan budaya akademik berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) minat mahasiswa tidak berpengaruh signifikan terhadap pemahamna akuntansi dengan tingkat sig. 0,669>0,05; (2) kecerdasan emosional tidak berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntasni dengan nilai sig. 0,960>0,005 ; (3) kepercayaan diri berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi dengan nilai sig. 0,01<0,05 ; (4) perilaku belajar tidak berepengaruh terhadap pemahman akuntansi dengan nilai sig. 0,829>0,05 ; (5) budaya akademik berpengaruh terhadap pemahaman akuntsni dengan nilai sig 0,054>0,05. Pengaruh yang dijelaskan oleh minat mahasiswa, kecerdasan emosional, kepercayaan diri, perilaku belajar dan budaya akademik pada tingkat pemahaman akuntansi dalam penelitian ini adalah sebesar 11,2%. Sedangkan sisanya 88,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.