ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN RAWAT INAP PADA PUSKESMAS PARAMAN AMPALU KABUPATEN PASAMAN BARAT DENGAN PENDEKATAN SERVICE PERFORMANCE

Main Author: DHONA, RAMA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Document
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.upiyptk.ac.id/2026/1/14101154250057_RAMA%20DHONA%20%20_ABSTRAK.pdf
http://repository.upiyptk.ac.id/2026/
Daftar Isi:
  • Usaha kesehatan merupakan hak dasar setiap individu dan semua warga negara yang berhak mendapatkan pelayanan kesehatan. Dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan hak-haknya dalam hal pelayanan kesehatan merupakan salah satu indikator positif meningkatnya kesadaran hukum dalam masyarakat. Pembangunan kesehatan dipandang sebagai suatu investasi bangsa untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Oleh karena itu perlu disadari kesehatan menjadi tanggung jawab semua pihak masyarakat maupun pemerintah. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor yang dominan yang menjadi sumber ketidakpuasan pasien pada pelayanan Puskesmas ParamanAmpalu. Serta mengidentifikasi kualitas pelayanan puskesmas terhadap pasien yang merupakan suatu hal yang sangat penting yang pada akhirnya mampu memberikan kepuasan kepada konsumennya. Pelayanan diukur dengan berdasarkan perbandingan antara tingkat kepuasan dengan kepentingan konsumen. Penilaian responden didasarkan pada lima dimensi kualitas jasa yaitu, tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Dari perhitungan tingkat kesesuaian tiap atribut dapat dilihat bahwa nilai setiap atribut sama dari atribut pertama sampai terakhir, dimana atribut pertama yaitu 1.03. Ini berarti harapan konsumen lebih tinggi dibanding dengan kinerja pelayanan pada puskesmas paraman ampalu. Dari hasil yang dilihat pada masing-masing dimensi bahwa masih terdapat pasien yang belum merasa puas dengan pelayanan di puskesmas paraman ampalu.