ANALISIS TINGKAT KESULITAN SOAL UJIAN SEMESTER GANJIL BAHASA INDONESIA KELAS V MIN 2 BANDA ACEH PADA TAHUN 2019
Main Author: | ruhil, ruhil ruhil |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/al-mudarris/article/view/512 https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/al-mudarris/article/view/512/pdf |
Daftar Isi:
- Mata pelajaran Bahasa Indonesia sering dianggap mudah oleh siswa, siswa mampu menjawab soal meskipun tidak mempelajarinya, dan memperoleh nilai paling tinggi dibandingkan dengan mata pelajaran lain. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang tingkat kesulitan dan jenjang ranah kognitif soal Bahasa Indonesia di Kelas V MIN 2 Banda Aceh pada ujian semester ganjil tahun 2019. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menguji hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Teknik pengumpulan data untuk mendapatkan informasi lebih mendetail dilakukan dengan mewawancarai Guru Bahasa Indonesia Kelas V MIN 2 Banda Aceh. Objek penelitian ini adalah lembar soal ujian Bahasa Indonesia pada ujian semester ganjil 2019, dan jawaban siswa. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa tingkat kesulitan soal adalah 25 % kategori mudah, 65 % kategori sedang, dan 10 % kategori sukar. Adapun jenjang ranah kognitif soal berupa 87,5% kategori C1, 5% kategori C2, dan 7,5% kategori soal C6 sementara kategori C3, C4, C5 tidak terdapat didalamnya.