UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN (Studi Kasus di SMP Islam Muqorrobin Singosari Malang)

Main Authors: Sumarji, Sumarji, Rahmatullah, Rahmatullah
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang , 2019
Subjects:
Online Access: http://e-journal.staima-alhikam.ac.id/index.php/talimuna/article/view/148
http://e-journal.staima-alhikam.ac.id/index.php/talimuna/article/view/148/136
Daftar Isi:
  • Peningkatan membaca al-Quran menjadi hal penting dalam dunia pendidikan. Dengan mempelajari al-Quran maka diharapkan tingkat spiritual anak didik meningkat, sehingga akan berdampak kepada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor anak didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran. Hasil penelitian menyatakan bahwa upaya guru dalam meningkatan kemampuan membaca al-Quran di SMP Islam Muqorrobin Singosari Malang dilakukan dengan pertama, optimalisasi pelaksanaan proses pembelajaran intra kulikuler. Kedua, optimalisasi proses pembelajaran ekstra kulikuler. Ketiga, evaluasi pembelajaran. Kempat, penambahan sarana dan prasarana. Kelima, Peningkatan kualitas Guru.