Daftar Isi:
  • Setiap perusahaan harus mempertimbangkan variabel-variabel kualitas produk, harga, promosi dan saluran distribusi sebagai pendukung utama di dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan serta kepuasan pelanggan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel kualitas produk, harga, promosi dan saluran distribusi mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian lampu LED pada PT. Citra Bintang Fajar Indo.Penelitian ini dapat dikategorikan dalam causal research, dimana menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data (fakta, pendapat, sikap) dari responden. Dalam penelitian ini variabel yang digunakan adalah dua variabel penelitian yaitu variabel bebas (X) adalah kualitas produk (X1), harga(X2), promosi (X3), saluran distribusi (X4) dan variabel terikat (Y) adalah keputusan pembelian dalam membeli lampu LED pada PT. Citra Bintang Fajar Indo. Skala yang dipakai adalah skala Likert. Jumlah sampel ditetapkan sebanyak 30 orang konsumen aktif yang telah melakukan pembelian berulang pada PT. Citra Bintang Fajar Indo. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji koefisien korelasi (R) dan koefisien determinasi (R2), adjusted R Square dan standart Error of the estimate, korelasi parsial dan pengujian hipotesis. Berdasarkan dari hasil pengujian secara simultan bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 22,813 > 2,759, maka H0 ditolak pada tingkat signifikansi 5 %. Dengan demikian hasil analisa dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa kualitas produk (X1), harga(X2), promosi (X3), saluran distribusi (X4) mempunyai pengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian lampu LED pada PT. Citra Bintang Fajar Indo. Dilihat dari besarnya koefisien determinasi didapatkan bahwa pengaruh variabel bebas (kualitas produk, harga, promosi, dan saluran distribusi) terhadap keputusan pembelian pada penelitian adalah sangat besar yaitu sebesar 78,5%. Dan adanya pengaruh kualitas produk (X1), secara parsial terhadap keputusan pembelian lampu LED pada PT. Citra Bintang Fajar Indo. Hal ini didasarkan dari hasil pengujian bahwa nilai thitung untuk variabel kualitas produk sebesar 3,515. Dari semua nilai thitung untuk variabel bebas didapatkan hanya nilai thitung kualitas produk yang lebih besar dari ttabel sebesar 2,060 dengan tingkat signifikansi 0,002 < 0,025, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa kualitas produk mempunyai pengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian lampu LED pada PT. Citra Bintang Fajar Indo.