Daftar Isi:
  • Piutang Dagang adalah elemen yang sangat penting dalam perusahaan. Piutang ini sendiri adalah sebagai salah satu kebijakan yang dipakai oleh perusahaan untuk memperbesar volume penjualan dan profit perusahaan. Selain itu juga piutang digunakan untuk menjaga hubungan jangka panjang antara perusahaan dan konsumen sehinggan dapat menambah intensitas pembelian dari konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar perusahaan menyadari betapa pentingnya membuat perencanaan dan merancang suatu pengendalian piutang dalam perusahaan sebelum dilakukannya penjualan kredit. Selain itu juga untuk mengukur seberapa besar profit yang dapat diperoleh jika piutang dikendalikan dengan maksimal. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan dari perusahaan yang besangkutan dari tahun 2009 sampai 2011. Selain itu juga terdapat struktur organisasi perusahaan sehingga dapat dianalisa bagaimana sistem piutang yang diterapkan dalam poerusahaan tersebut.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa peran perusahaan dalam membuat perencanaan dan pengelolahan piutang yang efektif. Dari perencanaan dan pengelolahan piutang yang ada bisa mengurangi kerugian piutang yang dapat muncul karena bad debt dan keterlambatan pelunasan piutang.