Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil penjualan Smartphone Blackberry di Surabaya Selatan yang diambil dari Teletama Arta Mandiri (TAM) sebagai distributor resmi penjualan produk smartphone Blackberry di Indonesia menunjukkan bahwa hasil penjualan Smartphone Blackberry di Marina Surabaya cenderung mengalami penurunan dalam 6 bulan terakhir di tahun 2012 yaitu periode Jan - Juni 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai pelanggan dan kepuasan pelanggan terhadap keputusan pembelian pada produk smartphone blackberry di CyberOne Cell Plaza Marina Surabaya Penelitian ini menggunakan dua variabel bebas (X) yaitu nilai pelanggan (X1) dan kepuasan pelanggan (X2) dengan variabel terikat (Y) yaitu keputusan pembelian. Populasinya adalah semua pelanggan yang pernah membeli dan menggunakan produk smartphone blackberry di CyberOne Cell Plaza Marina Surabaya, dengan sampel sebesar 50 responden. Analisa data menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisa Regresi Linier Berganda, Koefisien Korelasi Berganda (R), Koefisien Determinasi Berganda (R), Uji F (uji simultan), dan Uji t (uji parsial). Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda didapatkan permodelan yaitu Y = 0,007 + 0,744 X1 + 0,164 X2. Koefisien Korelasi Berganda (R) sebesar 0,713, dan Koefisien Determinasi Berganda (R2) sebesar 50,9%. Selanjutnya hasil Uji F (uji simultan) didapatkan hasil yaitu Fhitung (24,365) > Ftabel (3,20) sehingga dapat dikatakan bahwa nilai pelanggan (X1) dan kepuasan pelanggan (X2) secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y). Berdasarkan hasil Uji t (uji parsial) didapatkan hasil yaitu nilai pelanggan (X1) dengan thitung (6,501) > ttabel (2,012), dan kepuasan pelanggan (X2) dengan thitung (2,092) > ttabel (2,012). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai pelanggan (X1) dan kepuasan pelanggan (X2) secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y). Variabel bebas (X) yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian (Y) adalah nilai pelanggan (X1) dengan nilai korelasi parsial (r) terbesar yaitu 0,688