Daftar Isi:
  • Peluang usaha restoran di Surabaya mulai dari restoran mewah yang menyajikan hidangan dengan harga tinggi sampai pada restoran yang menyajikan makanan dan minuman dengan harga murah terus bertambah, dibarengi dengan berbagai konsep dan ragam jenis makanan yang ditawarkan juga terus bertambah.Restoran Kapin adalah bisnis keluarga yang sudah turun-temurun dan baru membuka cabang pertamanya di Jl Raya Kupang Indah 23 Surabaya. Dari fenomena ini, maka timbul masalah bagaimana cara menjaga loyalitas konsumen restoran. Penelitian yang dilakukan di restoran Kapin ini, bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari faktor produk, pelayanan dan harga terhadap loyalitas konsumen di restoran Kapin, dan untuk mengetahui manakah dari faktor produk, faktor pelayanan dan faktor harga yang lebih dominan mempengaruhi loyalitas konsumen di restoran Kapin tersebut. Untuk menjawab tujuan penelitian, metode yang digunakan adalah teknik analisa regresi linier berganda.Dengan metode regresi linear berganda, didapatkan hasil bahwa produk, pelayanan dan harga, memiliki pengaruh yang positif terhadap kepuasan konsumen Restoran Kapin Jl. Raya Kupang Indah 23 Surabaya, hal ini ditunjukkan dengan persamaan Y = 1.614 + 0.203 (X1) + 0.152 (X2) + 0.201 (X3). Dengan metode uji F terbukti bahwa kepuasan pelanggan pada produk (X1),pelayanan (X2) dan harga (X3), berpengaruh simultan terhadap loyalitas konsumen, karena Fhitung > Ftabel yaitu 36.182 > 2.70. Sedangkan dengan metode uji t terbukti produk, pelayanan dan harga secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, dimana pada variabel produk (X1) thitung >ttabel yaitu 3.548 > 1.985 dan tingkat signifikansi 0.001 < 0.025, variabel pelayanan (X2) thitung > ttabel yaitu 3.823 > 1.985 dan tingkat signifikansi 0.413 >0.025, variabel harga (X3) thitung > ttabel yaitu 4.369 > 1.985 dan tingkat signifikansi 0.000 < 0.025. Berdasarkan hasil analisa data, dapat disimpulkan bahwa variabel produk (X1), dan variabel harga (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen, sedangkan variabel pelayanan (X2) berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen. Variabel harga yang merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi loyalitas konsumen.