PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BLACKBERRY DI SURABAYA TIMUR
Daftar Isi:
- Dewasa ini seiring dengan majunya perkembangan teknologi, banyak perusahaan lama maupun perusahaan yang baru yang bergerak di bidang komunikasi juga mulai memproduksi handphone. Handphone merupakan salah satu contoh kemajuan teknologi yang semakin memudahkan kehidupan manusia. Ada banyak perusahaan handphone yang memproduksi handphone. Kita tentu sering mendengar handphone dengan bermacam-macam merek seperti BlackBerry, Nokia, Motorola, Samsung, LG, Sony Ericsson dan yang lainnya yang beredar di pasaran. Tentunya dengan berbagai macam merek yang beredar konsumen dihadapkan dengan berbagai macam pilihan.BlackBerry saat ini merupakan alat komunikasi yang mampu merajai pasar handphone di Indonesia akhir-akhir ini. Permasalahan yang di angkat dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel harga, promosi, dan kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan dalam keputusan pembelian BlackBerry oleh konsumen di Surabaya Timur baik secara simultan maupun secara parsial. Pengolahan data dengan uji validitas, reliabilitas, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi, analisis uji asumsi klasik, pengujian hipotesis dengan uji F dan t, dan menganalisis variabel mana yang paling dominan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan teknik pengolahan data statistik yaitu analisis dengan program SPSS 14.00. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner kepada para konsumen yang menggunakan BlackBerry di Surabaya Timur, skala pengukuran dalam penelitian ini adalah menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel X1 (harga), variabel X2(promosi), dan variabel X3 (kualitas produk) secara bersama-sama atau simultan memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini ditunjukkan dari hasil uji F, dengan menggunakan bantuan program SPSS 14, dan memperoleh hasil sebesar F hitung > F tabel yaitu 78,925 > 2,699, sedangkan perhitungan secara parsial dapat diketahui bahwa hasil masing-masing variabel dengan menggunakan uji t adalah variabel harga (X1) memiliki hubungan yang signifikan dengan keputusan pembelian di mana t hitung 2,689 > t tabel 2,277 dengan tingkat signifikansi 0.008, variabel promosi (X2)memiliki hubungan yang signifikan dengan keputusan pembelian di mana t hitung 3,534 > t tabel 2,277 dengan tingkat signifikansi 0,001, variabel kualitas produk (X3) memiliki hubungan yang signifikan dengan keputusan pembelian di mana t hitung 5,178 > t tabel 2,277. Dari analisis uji t diketahui secara parsial variabel bebas (X) yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) adalah variabel kualitas produk (X3) dengan t hitung 5,178 > t tabel 2,277.