PENGARUH HARGA, PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. BAMBI SURABAYA
Daftar Isi:
- Perkembangan ekonomi yang cepat sekali berubah dewasa ini cukup jelas terlihat dalam grafik penjualan yang secara umum menunjukkan kenaikan dan penurunan dalam waktu yang tidak dapat diperkirakan sebelumnya. Hal tersebut juga disebabkan oleh perubahan keadaan lingkungan yang cepat dan dinamis dewasa ini merupakan dampak dari kemajuan teknologi dan informasi. Perubahan ini terutama dirasakan dalam dunia industri, dimana industri-industri yang telah berdiri mulai mengalihkan penggunaan teknologi lama dengan teknologi baru yang canggih dengan harapan akan meningkatkan proses produksi, hal ini mendorong munculnya berbagai jenis produk dipasaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini mengambil judul“Pengaruh Harga, Produk dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada PT.Bambi Surabaya.” Pokok permasalahan yang dihadapi perusahaan apakah harga, produk dan promosi berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap volume penjualan pada PT. Bambi Surabaya. Kemudian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa apakah harga, produk dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap volume penjualan pada PT. Bambi Surabaya. Pengujian hipotesis secara simultan didapatkan Fhitung 16,966 > Ftabel 2,72,H0 ditolak dan H1 diterima, berarti bahwa struktur organisasi, produk dan promosi benar-benar memiliki pengaruh secara simultan yang nyata (signifikan) terhadap volume penjualan pada PT. Bambi Surabaya. Maka hipotesis pertama terbukti kebenarannya Pengujian hipotesis secara parsial didapatkan: hasil uji t variabel harga (X1) didapatkan thitung = 4,373 > ttabel = 2,021, H0 ditolak dan H1 diterima, berarti bahwa harga benar-benar memiliki pengaruh yang nyata (signifikan) terhadap volume penjualan, maka dapat disimpulkan bahwa volume penjualan dipengaruhi oleh harga tersebut. Hasil uji t variabel produk (X2) thitung = 3,770 > ttabel = 2,021, H0 ditolak dan H1 diterima, berarti bahwa produk benar-benar memiliki pengaruh yang nyata (signifikan) terhadap volume penjualan, maka dapat disimpulkan bahwa volume penjualan dipengaruhi oleh produk tersebut. Hasil uji t variabel promosi (X3) Hasil uji t didapatkan thitung = 3,572 > ttabel = 2,021, H0 ditolak dan H1 diterima, berarti bahwa promosi benar-benar memiliki pengaruh yang nyata (signifikan) terhadap volume penjualan, maka dapat disimpulkan bahwa tinggi rendahnya volume penjualan dipengaruhi oleh naik turunnya pemberian promosi tersebut.