Daftar Isi:
  • Keputusan pembelian dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain adalah harga, produk, dan promosi. Oleh karena itu perusahaan harus mampu menciptakan produk yang berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau oleh konsumen, dan promosi yang baik.Teknik pengambilan sampel ditentukan oleh penulis dengan jumlah responden sebesar 100 orang. dimana metode yang digunakan memakai uji validitas dan uji reliabilitas selain itu obyek penelitian meliputi toko buku Gramedia tunjungan plaza Surabaya, tanpa membedakan jenis kelamin, usia, dan pekerjaaan mereka, seluruhnya adalah para pengunjung toko buku Gramedia yang membeli produk-produk terbitan Elex media komputindo. Metode analisis yang digunakan regresi linier. Pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t pada taraf nyata 5 % Hasil penelitian Menunjukkan bahwa produk, harga, promosi berpengaruh bersama-sama terhadap keputusan konsumen dalam memilih produk Elex media komputindo dari hasil perhitungan didapatkan persamaan regresi Y = -0,189 + 0,185 X1 +0,231 X2 + 0,261 X3 + e. Dari pengujian model regresi dengan uji F diketahui bahwa secara keseluruhan variabel bebas Produk, harga, promosi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian buku di TB Gramedia tunjungan plaza Surabaya. Dimana F hitung > F tabel yaitu 108.966 > 2.450.Dari pengujian model regresi dengan uji t diketahui bahwa variabel promosi memberikan pengaruh yang dominan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian dimana thitung = 10.351 > ttabel =1.984, dibanding variabel produk thitung = 9.076 > ttabel =1.984,dan variabel harga thitung = 8.068 > ttabel =1.984. dari hasil uji itu ternyata variabel promosi berpengaruh dominan di toko buku Gramedia Tunjungan Plaza, Surabaya. Perusahaan Elex media komputindo sebaiknya selalu memperhatikan pengembangan faktor promosi, karena dari hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian buku di Gramedia Tunjungan Plaza, Surabaya.