Daftar Isi:
  • Perkembangan tingkat hunian dan situasi pasar semakin cepat berubah yang telah membawa dampak yang luar biasa pada perilaku konsumen. Banyak hunian yang ditawarkan di pasaran sehingga mengakibatkan konsumen memiliki banyak pilihan dalam menentukan hunian sebagai tempat bermalam atau tempat tinggal, tentu dengan pertimbangan-pertimbangan dan alasan yang berbeda-beda.Konsumen menjadi semakin selektif dan teliti dalam memilih berbagai macam hunian yang ditawarkan oleh produsen. Kehadiran beberapa hotel menyebabkan persaingan diantara hotel menjadi semakin ketat. Masing–masing hotel berlomba – lomba meningkatkan usaha dan pelayanannya untuk dapat menarik konsumen sebanyak – banyaknya dan mempertahankan konsumen yang pernah ke hotel itu. Namun hal ini tidak menjadikan sebuah alasan untuk pelanggan memilih Hotel Shangri-La Surabaya sebagai tempat untuk menginap.Berdasarkan alasan tersebut di atas maka perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor kultural,sosial, pribadi, dan psikologis secara simultan dan parsial terhadap pengambilan keputusan pelanggan menginap di Hotel Shangri-La, Surabaya dan di antaravariabel-variabel tersebut manakah yang mempunyai pengaruh dominan? Pada jenis penelitian ini dengan membuat kuisioner, sampel yang digunakan sebanyak 100 responden, teknik pengumpulan data dengan observasi, kuisioner. Pengolahan data dengan uji validitas, reliabilitas, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi, analisis uji asumsi klasik, pengujian hipotesis dengan uji F dan t dan menganalisis mana variabel yang paling dominan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan teknik pengolahan data statistik yaitu analisis dengan program SPSS 17.00